Webinar Strategi Penyuluhan

[PRESS RELEASE]

Sabtu, 11 September 2021

UKMF-PCT telah menggelar webinar strategi penyuluhan yang dilaksanakan secara daring via google meet dengan tema “Strategi Penyuluhan Pertanian Dalam Upaya Pemberdayaan Petani di Masa Pandemi Covid-19” yang berlanggsung mulai dari jam 13.30 WIB s/d selesai.

Webinar kali ini menghadirkan narasumber yang merupakan seorang penyuluh pertanian, yaitu kang Fahmi Auladi dan dimoderatori oleh teh Maesaroh yang merupakan anggota dari subdivisi penyuluhan UKM-F PCT.

Strategi penyuluhan pertanian di masa pandemi Covid-19 tetap bisa berjalan dengan baik, tetapi terdapat sedikit perbedaan dari masa sebelumnya. Kegiatan penyuluhan di masa pandemi dilakukan di tempat terbuka, tetap menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, hand sanitizer, dan menyediakan tempat cuci tangan), mengurangi jumlah peserta, serta melakukan izin kepada pihak yang berkepentingan seperti lapor ke Rt atau pun kepada penyuluh pertanian setempat jika perlu.

Melakukan kegiatan penyuluhan harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh petani, agar petani mudah memahami apa yang disampaikan. Penyuluhan dilakukan pada waktu dan lokasi yang telah ditentukan bersama. Selain itu, penyuluhan bertujuan untuk merumuskan tujuan bersama, jadi tidak ada unsur pemaksaan atau menuntut.

Kang Fahmi Auladi berkata, “Dalam penyuluhan hindari kata kata yang bersifat perintah atau menyuruh, dan yang paling penting jangan sampai menggurui para petani/audiens yang mengikuti penyuluhan tersebut”.

Teh Maesaroh selaku moderator, mengatakan “Strategi artinya teknik perencanaan atau pendekatan. Dan penyuluhan itu suatu kegiatan memberikan sebuah informasi atau pesan kepada audiens. Alasan mengambil tema ini agar kita selaku mahasiswa mampu mengetahui bagaimana tips dan trik memberikan sebuah penyuluhan kepada audience atau masyarakat dengan strategi yang baik sehingga dalam memberikan suatu penyuluhan dapat mencapai sebuah tujuan”.

Lebih lanjut, teh Maesaroh juga menyampaikan bahwa, “Respon peserta ketika webinar berlangsung antusias mendengarkan apa yang pemateri sampaikan dan ketika sesi tanya jawab di buka peserta melakukan sharing dengan pemateri terkait bagaimana menjadi seorang penyuluh di tengah pandemi Covid-19. Mengetahui sikap apa saja yang harus di miliki seorang penyuluh dan juga tantangan terbesar seorang penyuluh, juga dapat mengetahui solusi yang terbaik dalam menghadapi tantangan penyuluh saat ini”.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara.

NANTIKAN WEBINAR berikutnya!!!

PCT LESTARI !

Webinar ini dapat disimak kembali di Youtube UKMF PCT Untirta.

Contact Person

  • Email : ukmpct22@gmail.com
  • Instagram : @pctmedia
  • Youtube : UKMF PCT Untirta
  • Facebook : Ukmf Tanaman

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post