Kajian Daring – Mengenal Tanaman Porang

[PRESS RELEASE]
UKMF-PCT telah melaksanakan Kajian Daring pada hari Minggu, 11 Juli 2021 lalu. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui google meet yang diikuti oleh kepengurusan UKMF-PCT, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Kajian kali ini membahas tentang Tanaman Porang. Pembahasan diangkat untuk memberikan pengetahuan dan ilmu baru tentang manfaat tanaman porang. Kajian ini dibuka dengan penjelasan materi oleh kang Rifqi Baihaqi dari jurusan Agroekoteknologi 2020 dan dilanjutkan oleh teh Lisdayanti dari jurusan Agribisnis 2019 yang dimoderatori oleh teh Noufah Kamilah dari jurusan Agroekoteknologi 2020.
Dalam diskusi yang telah dilaksanakan ada beberapa penjelasan bagaimana tanaman porang digunakan sebagai bahan baku kosmetik, lem, dan jelly. Kemudian, sebagai bahan pangan rendah kalori dan dapat dengan mudah diolah menjadi bahan pangan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
“Alasan saya mengambil tema tanaman porang, karena menurut saya porang sangat mudah ditemukan di Indonesia terutama di pulau jawa, jadi untuk mau praktek tentang porang akan lebih mudah, kelebihan nya adalah tanaman porang itu lumayan mudah untuk dibudidayakan dan tidak terlalu membutuhkan biaya yg mahal. Selain itu porang baik untuk kesehatan, bisa menurukan kadar kolesterol, baik untuk diet, dan lain²”. Jawaban kang Rifqi ketika ditanya alasan mengambil tema “Tanaman Porang” pada Kajian Daring.
“Tanaman ini (porang) merupakan tanaman yang bernilai ekonomi tinggi selain itu tanaman ini juga mempunyai banyak sekali manfaatnya diantaranya yaitu cocok untuk diet, membantu menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula rendah dan masih banyak lagi”. Hal lebih lanjut terkait tema dipaparkan oleh teh Lisdayanti.
Melalui diskusi ini, beberapa peserta memberikan tanggapan dengan mengajukan pertanyaan terkait tanaman porang ini.
Alhamdulillah teh untuk respon baik, mereka sangat antusias untuk bertanya2 saat QnA. Dari situ, insha allah itu tanda kalau peserta nya lumayan paham sama cara penyamapaian saya. Respon peserta pun sangat aktif, banyak yang bertanya dan banyak juga yang menanggapi pertanyaan
Terimakasih atas materi yang telah diberikan. Semoga apa yang telah dipaparkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita.
PCT LESTARI !
Kajian Daring – Mengenal Tanaman Porang ini dapat disimak kembali di Youtube UKMF PCT Untirta.


Contact Person
Email : ukmpct22@gmail.com
Instagram : @pctmedia
Youtube : UKMF PCT Untirta
Facebook : Ukmf Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post